Kamis, 05 Juni 2008

Knowledge Management

Beberapa waktu yang lalu sempat diberitakan bahwa Miranda Gultom baru saja meluncurkan buku yg ada hubungannya dengan Knowledge Management yaitu “Essays in Macroeconomic Policy : The Indonesian Experience.”

Apakah Knowledge Management itu?

(ANTARA News) - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Miranda Gultom mengajak semua institusi, termasuk legislatif, eksekutif, maupun swasta untuk meningkatkan knowledge management (KM) sebagai upaya meningkatkan daya saing bangsa.

"KM menekankan pada budaya kerja dalam proses saling berbagi pengetahuan antarsub-sub unit menuju persamaan visi dalam membangun perusahaan," katanya usai menjadi pembicara seminar "Knowledge Management untuk Mendorong Inovasi Guna Meningkatkan Daya Saing", di gedung magister manajemen FE Undip Semarang, Sabtu.

Knowledge Management adalah pendekatan yang tidak instant tapi sistematik. Hal ini dikarenakan dalam memperoleh atau mendapatkan knowledge tersebut kitapun mempunyai tahapan-tahapan, seperti; menyaring dan menyimpan, meng-update, dan menyempurnakannya. Manajemen pengetahuan (Bahasa Inggris: knowledge management) adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Teknologi digital memainkan peranan penting dalam hal ini. Kapasitas simpan komputer yang semakin besar, aplikasi perangkat lunak, dan kecanggihan teknologi internet memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk dapat mengolah semua jenis informasi tadi menjadi pengetahuan yang berguna dan bermakna (knowledge management). Knowledge management bukanlah produk aplikasi, melainkan suatu konsep sistem.

Sistem knowledge management yang efektif akan membuat karyawan secara cepat dan mudah menemukan data, informasi, dan pengetahuan lainnya. Sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisis informasi secara mudah dan berkolaborasi dengan karyawan lain serta pihak ketiga tanpa dibatasi oleh lokasi serta perbedaan waktu.

Salah satu contoh penerapan knowledge management adalah ITCP (Indonesian Technical Cooperation Programmes). ITCP merupakan proyek yang dikembangkan oleh Sekretariat Kabinet Indonesia. Tujuannya untuk berbagi informasi dan keahlian antara Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Aktivitas ITCP meliputi pelatihan; studi kunjungan; pertemuan kelompok yang mencakup area pertanian, pendidikan, informasi, sumber alam, perencanaan keluarga, dan sebagainya.

dari berbagai sumber


1 komentar:

Ridwan mengatakan...

Udah dong, jangan posting tentang MIS terus. Kan udah selesai UASnya. Ditunggu ceritanya ya.
BTW, thanks atas link nya. Sering berkunjung ya.